3 Langkah Mendapat Pekerjaan yang Baru

Perpindahan karir merupakan hal yang wajar dalam dunia kerja. Alasannya pun beragam, bisa karena bosan dengan pekerjaan lama, ingin memiliki tantangan baru atau karena kontrak Anda tidak lagi diperpanjang di perusahaan sebelumnya.

Bila Anda harus memiliki karir baru, hadapilah dengan sikap profesional. Seperti dikutip EzineArticles, berikut ini langkah yang harus diambil saat harus pindah kerjaan baru.

1. Pelajari semua yang mendukung
Bacalah buku-buku yang menarik, bergabung dalam sebuah komunitas, pergi ke acara pendidikan atau pameran-pameran. Tentunya melakukan kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman baru untuk Anda yang telah memutuskan untuk melakukan perubahan karir ke jalur yang berbeda. Tetaplah update mengenai tren terbaru bidang yang ingin Anda geluti.

2. Memanfaatkan jaringan

Salah satu kiat untuk sukses melakukan perubahan karir adalah Anda dapat membangun jaringan karir. Dari kegiatan seminar, bergabung dengan komunitas dan datang ke acara-acara pendidikan kemungkinan besar Anda juga akan bertemu dan berkenalan dengan orang-orang sukses. Manfaatkan relasi Anda untuk mendekatkan diri ke bidang karir yang lebih baik. Jangan lupa untuk bertukar kartu nama dan segera hubungi relasi Anda.

3. Temukan pendekatan kreatif
Kebanyakan orang mengandalkan curriculume vitae dan surat lamaran kerja untuk mencoba pada karir baru. Hal ini hampir selalu gagal, karena tentu saja pengalaman masa lalu Anda tidak relevan pada kebutuhan perusahaan saat ini dan Anda akan gagal untuk membuat perubahaan pada karir Anda. Sebaiknya gunakan pendekatan kreatif yang dapat lebih “menjual” Anda di perusahaan tersebut. Misalnya Anda menawarkan menulis artikel untuk sebuah website.

Membuat perubahan pada karir adalah suatu yang menantang dan menarik jika dilakukan. Masalah terbesar sebenarnya adalah bagaimana Anda dapat menghadapi orang lain yang meragukan kemampuan Anda dalam bidang baru. Kunci terpenting untuk sukses menghadapi tantangan adalah berhenti mencari pekerjaan impian dan mulailah untuk melakukan pekerjaan yang Anda dapatkan. Pada akhirnya Anda akan menikmati transformasi karir yang dilakukan.

 

*quotted from wolipop*

saran dari Senja :) mendapatkan pekerjaan akhir-akhir ini bukanlah hal yang mudah, dikarenakan semakin maraknya penyusutan pekerja di berbagai kalangan perusahaan, maka semakin sedikitnya lowongan pekerjaan yang ada, meningkatnya orang-orang yang membutuhkan pekerjaan (persaingan semakin ketat). Saya sangat tidak menganjurkan anda mengajukan pengunduran diri dari perusahaan anda sekarang, seberapa pun beratnya alasan anda, sebelum anda mendapatkan pekerjaan yang baru. Pastikan bahwa anda sudah sangat yakin dan tahu persis apa yang akan anda lakukan sebelum anda mengundurkan diri. Apakah hal itu berarti sudah diterima di pekerjaan baru, ataukah anda sudah memiliki cukup modal untuk membuka usaha dan sudah mengetahui pasar bidik anda dalam berdagang. Pikirkan matang-matang karena mengambil keputusan pengunduran diri janganlah terlalu terburu-buru hanya disebabkan oleh emosi dan/atau sifat kekanak-kanakkan yang tidak dapat menguasai masalah di sekitarnya. Jangan sampai hal ini hanya menjadi pelarian diri anda semata.

About these ads

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: