Memilih Busana untuk Wawancara Kerja

Sesi wawancara merupakan salah satu tes yang wajib diikuti oleh setiap pelamar kerja. Tidak hanya pengetahuan saja yang harus dipunya saat wawancara, tapi penampilan juga penting diperhatikan karena bisa mempengaruhi penilaian pewawancara.

Ada beberapa perusahaan yang 80% penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar.
Penampilan memang penting dipertimbangkan sebelum melakukan wawancara karena bisa mempengaruhi persepsi user saat pertama kali bertemu.

Ada baiknya Anda memperhatikan penampilan. Bahkan bila memungkinkan membawa baju cadangan. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju Anda bila lecek, keringetan, atau terkena noda makanan. Carilah busana yang membuat Anda tampak profesional agar meyakinkan pewawancara bahwa Anda siap bergabung dalam perusahaan.

Tunjukkan kalau kita sangat ingin bergabung dengan perusahaan, diri kita siap bergabung dengan perusahaan, profesional look harus ditampilkan. Karena akan mempengaruhi imej Anda didepan perusahaan yang dilamar. Mulai dari perusahaan di bidang profesional sampai industri kreatif, masing-masing memiliki tipikal berbeda. Lantas, seperti apa cara berbusana yang baik untuk interview sesuai bidang pekerjaan?

Berikut adalah ulasannya.

Bekerja di perusahaan media memang tidak harus rapih seperti di bank atau perusahaan profesional lainnya. Tapi bukan berarti Anda bisa mengenakan jeans saat interview kerja. Jatuhkan pilihan pada gaya kasual, misalnya saja kemeja dan trouser.

Jika Anda mendapat panggilan interview dari perusahaan di bidang hukum atau finance, Anda harus tampil seprofesional mungkin. Paduan gaya klasik, dengan setelan blazer warna gelap dan kemeja warna basic. Untuk rambut, pilih tatanan yang konvensional. Anda bisa mengikatnya kebelakang atau cepol agar terlihat rapih.

Anda bisa berpenampilan fashionable jika melamar di industri fashion. Namun jangan pernah mengenakan jeans, ataupun baju yang terlalu terbuka. Anda bisa bermain dengan motif dan warna, namun harus tetap serasi. Pilih hanya satu warna terang atau motif dalam satu tampilan. Kuncinya adalah tetap terlihat profesional walaupun berpenampilan kasual.

Jika Anda ingin melamar ke instansi pendidikan yang berhubungan dengan anak-anak seperti sekolah ataupun pre school, Anda perlu menampilkan kesan dewasa dan pintar. Untuk itu hindari memakai rok mini ketat, atau baju yang berpotongan rendah. Lebih baik memakai atasan ruffle warna pastel dan rok midi. Selain itu, kenakan sepatu ber hak rendah dan tambahan aksesori yang minimalis agar terkesan sederhana.

Saat wawancara kerja di bank, Anda harus tampil cantik, profesional dan terlihat meyakinkan. Anda bisa mengenakan blazer, kemeja, dan rok midi dengan warna senada untuk kesan formal. Sedangkan untuk aksesori, cukup kenakan belt kecil dan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi.

Melamar ke instansi pemerintah, menuntut Anda untuk tampil profesional namun terlihat sederhana. Untuk itu pilihlah busana yang konvensional dengan kemeja putih dan setelan blazer hitam ataupun abu-abu.

Mendatangi industri kreatif, untuk memberi kesan profesional, Anda bisa menggunakan dress dan tambahan ikat pinggang kecil ketika wawancara kerja di industri kreatif seperti agency, advertising ataupun public relation. Selain itu, atasan peplum dan rok pensil juga akan membuat Anda terlihat menarik.

*quotted from wolipop*

saran dari Senja sih🙂 setelan klasik dengan kemeja putih dan bawahan skirt/celana kain hitam serta stiletto hitam 7cm/10cm adalah setelan paling cocok untuk pergi ke interview kerja mana pun. namun pastikan bahwa setelan tersebut tidak lecek. kalau tempat interview menempuh jarak cukup jauh, lebih baik jangan menggunakan setelan tersebut ketika di jalan karena khawatir lecek/berkeringat. pastikan setelan tetap rapih dan tubuh/make up tetap segar.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: