Pengetahuan yang Wajib Diketahui Sebelum Wawancara Kerja

Kini semua orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya saat dipanggil interview kerja. Sebelum mengikuti wawancara, siapkan diri terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan.

Menurut Chief Consultant Assessment dari Experd Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, seorang pelamar harus tahu mengenai profil perusahaan yang dituju. “Yang penting kita harus tahu tentang bisnis di perusahaan itu seperti apa,” papar Cherry.

Selain mengerti area bisnis dalam perusahaan, Anda perlu tahu tuntutan pekerjaan pada bagian yang dipilih. Misalnya melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, Anda harus tahu dan menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu Anda mengembangkan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, budaya dalam perusahaan serta jam kerjanya pun perlu dicari tahu terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan Anda saat wawancara kerja. Dengan demikian, Anda terlihat memiliki niat yang besar untuk bergabung dalam perusahaan.

Cherry menyarankan, kalau Anda bisa mengetahui profil pewawancara sebelum interview itu akan lebih bagus. “Malah kalau bisa kita sudah tahu diwawancara oleh siapa, misalnya bapak GM (General Manager)-nya sebelumnya kita sudah sempat baca profil beliau sehingga itu lebih enak juga, bisa makin akrab,” tandas wanita yang sudah enam tahun bekerja di Experd Consultant itu.

Setelah pengetahuan, Anda juga perlu menyiapkan diri sebelum proses tes wawancara kerja, seperti tidak datang terlambat, memperhatikan pakaian sebelum berangkat, dan terakhir kepercayaan diri mengikuti interview kerja.

*quoted from wolipop*

saran dari Senja sih🙂 sebisa mungkin hindari BB dan/atau hp jenis apa pun ketika anda sedang duduk di ruang tunggu untuk menunggu giliran interview. cobalah bersikap professional, seperti membaca katalog perusahaan atau pun koran bisnis yang biasanya ada di sekitar ruang tunggu. kalau perlu, bawalah buku/majalah yang berhubungan dengan bidang yang ingin anda lamar, sehingga anda akan lebih siap dan juga santai ketika menghadapi sesi interview.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: