Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Wawancara Kerja

Sesi wawancara seringkali menentukan diterima atau tidaknya Anda bekerja. Makanya jangan sepelekan hal tersebut. Banyak pelamar yang kurang konsentrasi sehingga membuat berbagai kesalahan di hadapan pewawancara. Salah satunya tidak memberikan jawaban yang sesungguhnya dan tidak menggambarkan kepribadian diri.

Tidak memberikan jawaban yang nyata, dan tidak dapat memberikan jawbaan yang tajam, tak menggambarkan diri kita, adalah salah satu hal yang berbahaya. Selain itu, kurangnya konsenterasi juga sering dilakukan para pelamar sehingga membuat terkesan banyak melamun dan tidak bisa menyimak dengan baik pembicaraan seseorang. Kesalahan yang seperti ini akan mengurangi penilaian wawancara.

Pertanyaan seperti “Mohon maaf apa yang dimaksud?” akan membuat user berpikir bahwa kita berpikiran lambat, atau terlalu sering melamun atau tidak berkonsentrasi.

Banyak pula pelamar yang tidak berani menatap mata pewawancara. Ia lebih memilih melihat ke sekelilingnya agar tidak gugup dibandingkan melakukan kontak mata dengan user. Kemudian menjawab pertanyaan dengan singkat tanpa penjelasan seolah Anda tidak ada usaha untuk membina komunikasi yang baik dengan pewawancara.

Akan tetapi, terlalu banyak bicara atau menjawab pertanyaan panjang-lebar juga tidak baik dilakukan saat interview karena terkesan bertele-tele. Makanya tetap fokus dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh si interviewer.

*quoted from wolipop*

saran dari Senja sih🙂 gugup adalah hal yang wajar. namun akan lebih baik jika anda mampu menguasai kegugupan anda, dan mampu menunjukkan potensi yang anda miliki. berkonsentrasilah pada setiap pertanyaan dan jawablah sesingkat dan secerdas mungkin.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: