Tips Agar Segera Mendapat Pekerjaan Baru

Berdasarkan survei yang dilakukan sebuah jasa konsultasi karir, Right Management, sekitar 86% karyawan yang mengikuti penelitian mengatakan bahwa mereka berencana untuk mencari pekerjaan baru di tahun 2013 ini.

“Ada kenaikan pencarian kerja dari Januari hingga Maret. Bahkan akan makin tinggi tahun ini karena banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan dan banyak pekerja yang kembali mempertanyakan posisi mereka saat ini,” jelas Amanda Augustine, ahli pencari pekerjaan dari TheLadders, jasa pencarian pekerjaan online, seperti dikutip dari Forbes Woman.

Apabila Anda salah satunya yang ingin mencari pekerjaan baru di tahun ini, berikut beberapa tips yang bisa membantu mengantarkan Anda mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

1. Menyewa Penulis Resume Profesional
40% para pencari kerja cenderung akan diperhatikan ketika CV-nya ditulis secara profesional. Sayangnya kebanyakan kandidat tidak memikirkan untuk meminta bantuan jasa penulis yang memang ekspert di bidang ini. “Sangat sulit menjadi objektif ketika Anda bicara tentang kehidupan pribadi, dan karenanya lebih baik mendapatkan orang yang objektif yang mengetahui sejumlah istilah dalam dunia pekerjaan secara tepat,” ungkap Augustine.

2. Googling Nama Anda
Dari survei para pencari kerja, lebih dari 35% orang mencari namanya sendiri di Google satu kali dalam setahun. Sedangkan 16% lainnya tidak melakukannya. Augustine mengatakan kehadiran seorang kandidat di dunia maya menjadi penting untuk secara konsisten memonitor hasil pencarian tentang Anda dan sekaligus menyesuaikannya dengan citra profesional Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai merevisi pengaturan privacy Anda di situs media sosial.

3. Pahami 4 Situs Jejaring Sosial Ternama
Anda tidak perlu menjadi seorang yang ekspert dalam media sosial. Namun menurut Augustine, sangat penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang empat situs jejaring sosial yang paling banyak dikunjungi saat ini, diantaranya Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Pinterest. Keempat situs ini bisa membangun label profesional Anda, serta membantu untuk riset dan membentuk jaringan. Berbagi berita industri yang relevan juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan Anda memiliki pengetahuan dan up to date.

4. Jadilah Pengguna Ponsel yang Cerdas
Menurut 75% responden, memiliki smart phone bisa memberikan dampak positif bagi pencarian kerja Anda. “Teknologi memungkinkan Anda untuk menjadi lebih responsif dan bisa mendatangkan keuntungan dalam pencarian kerja,” ungkap Augustine. Ia juga menyarankan untuk menyimpan salinan resume Anda pada ponsel, sehingga Anda bisa dengan cepat mengirimkannya ke perusahaan yang potensial.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: