Persiapan Menjelang Wawancara Kerja (Bagian-1)

Wawancara kerja bukanlah sekedar datang untuk wawancara dengan berbekal ilmu dan kalimat-kalimat yang lancar saja, namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar wawancara kerja anda sukses, sehingga dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Anda tentunya telah membuat CV kerja yang menarik, sehingga anda mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja di tempat yang anda inginkan tersebut. namun demikian, CV yang menarik bukanlah hal terakhir yang diperlukan. Anda pun harus mempelajari CV anda sendiri, karena hrd/user pasti akan menanyakan beberapa hal dari dalam CV yang anda tulis. Seperti contohnya mereka akan menanyakan apa project terakhir sebelum anda lulus kuliah, hal apa saja yang anda peroleh dari masa kuliah anda, dari mana anda mendapat keahlian/keterampilan yang anda sebutkan, apa saja tanggung jawab yang anda pegang saat ini di pekerjaan lama anda, mengapa anda ingin keluar dari pekerjaan anda yang sekarang?

Ingatlah, seberapa pun anda tidak menyukai pekerjaan yang anda miliki sekarang, lebih baik untuk tidak menceritakan keburukannya atau ketidak-tertarikan anda pada pekerjaan anda tersebut, pada saat wawancara kerja di tempat baru. Berusahalah untuk tetap netral dan ceritakan hal baik/keterampilan apa saja yang anda peroleh dari pekerjaan anda tersebut.

Saya biasanya melakukan rehearsal atau semacam latihan sebelum menghadapi wawancara kerja yang sesungguhnya. Duduk di depan cermin, menceritakan latar belakang saya, pengalaman kerja saya, keahlian dan kekurangan yang saya miliki, serta membayangkan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang mungkin mereka lontarkan, sehingga saya dapat mempersiapkan jawaban yang paling tepat. Latihan seperti ini dapat membuat saya lebih focus dan lebih siap ketika menghadapi wawancara kerja yang sesungguhnya nanti.

Ketika anda mendatangi sebuah perusahaan untuk panggilan wawancara kerja, pastikan bahwa anda mengenakan pakaian formal yang tidak berlebihan. Kemeja putih dengan skirt/celana panjang hitam, serta stiletto/pantovel hitam adalah pakaian formal/classic paling umum dan pantas digunakan untuk wawancara kerja hampir di perusahaan bidang apa pun.

Apa saja isi map yang anda bawa ketika interview kerja? Pada umumnya adalah beberapa lembar fotokopi CV anda, untuk berjaga-jaga apabila hrd/user memintanya lagi. Fotokopi dan lembar asli ijazah dan transkrip. Fotokopi dan lembar asli portfolio berwarna jika diminta oleh perusahaan (biasanya untuk perusahaan yang bergerak di bidang seni; majalah, desain, arsitektur, dsb.) Fotokopi dan lembar asli surat pengalaman kerja dari perusahaan yang sebelumnya (apabila ada). Fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP, beberapa lembar pas foto berwarna dengan berbagai ukuran (2×3 ; 3×4 ; 4×6) serta hal-hal lain tertentu yang diminta oleh perusahaan ybs. Pastikan bahwa anda sudah menyusun rapih isi map anda ; mengeluarkan isi yang tidak perlu, menyusun rapih dokumen yang diperlukan sesuai dengan urutan, sehingga anda akan dengan mudah menemukannya ketika diminta.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: