Persiapan Menjelang Wawancara Kerja (Bagian-2)

Berbicara mengenai pas foto, pastikan bahwa pas foto yang anda miliki adalah foto resmi yang menampilkan sisi professional anda. Saya sangat menyarankan agar anda mengambil foto di sebuah studio foto sehingga hasil foto akan tampak lebih jelas dan bagus. Di dalam foto tersebut, pastikan bahwa rambut anda sudah rapih, berikan cukup senyum (tanpa menampilkan gigi), kenakan blazer/jas warna gelap yang tampak rapih, gunakan make-up secukupnya (untuk wanita) sehingga tidak nampak menor atau tidak nampak pucat tanpa make-up. Dan yang terakhir, pastikan latas belakang foto anda adalah putih/merah/biru.

Mental dan penampilan tentunya adalah 2 hal penting yang perlu anda persiapkan. Saya menyarankan jika wawancara kerja diadakan di pagi hari, pastikan bahwa anda sudah sarapan. Jika wawancara kerja siang hari, pastikan bahwa anda sudah makan siang. Hal ini untuk menghindari hilangnya focus dan konsentrasi karena lapar dan haus.

Ada baiknya jika anda satu atau setengah jam dating lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Dengan demikian anda memiliki lebih banyak waktu untuk memastikan pakaian anda masih rapih setelah menempuh perjalanan ke tempat interview. Pastikan pula wajah anda tampak segar dan tidak berkeringat. Apabila anda masih memiliki banyak waktu luang, saya sangat melarang anda untuk bermain dengan ponsel canggih anda. Gunakan waktu yang ada untuk membaca-baca profil perusahaan dari majalah/flier/poster dinding yang ada di ruang tunggu, atau pun Koran bisnis. Jika bahan bacaan pun tidak ada, gunakan waktu yang ada untuk membaca ulang CV anda sendiri atau bacaan-bacaan berguna lainnya yang dapat membantu anda tetap focus.

Pastikan bahwa anda tidak membawa terlalu banyak barang bawaan. Apabila dikarenakan suatu hal anda harus membawa banyak sekali barang bawaan, ada baiknya anda menitipkan barang tersebut di satpam/penitipan barang, sehingga anda cukup membawa tas kerja dan map saja ke dalam ruang interview.

Hindari duduk yang terlalu santai di ruang tunggu. Tunjukkan kesiapan anda untuk wawancara bahkan ketika anda sedang menunggu giliran untuk interview, sehingga anda akan siap kapan pun anda dipanggil untuk masuk ruang interview. Matikan ponsel anda sebelum anda melangkah masuk ke ruang interview, agar suara ataupun getar dari ponsel anda tidak mengganggu proses interview. Melangkah dengan penuh percaya diri ke ruang interview adalah langkah awal yang bagus. Ucapkan salam ketika memasuki ruang interview, ulurkan tangan terlebih dahulu untuk bersalaman dengan tegas dengan

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: