5 Hal Penting Sebelum Anda Mengubah Karir

Setiap orang pasti mendambakan karir yang ideal dan sesuai dengan kegemaran. Namun, tidak sedikit juga yang merasa terjerumus dalam pekerjaannya dan menjadi tidak nyaman saat bekerja. Oleh karena itu banyak karyawan yang ingin berhenti dari pekerjaannya dan mengubah haluan karirnya.

Perubahan ini memang tidak mudah, bisa-bisa Anda malah tidak dapat membayar tagihan bulanan gara-gara pekerjaan impian tersebut. Karena itu, sebelum berhenti dan mengubah karir Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Apa saja? Simak di sini, seperti dikutip dari She Knows.

1. Cari Kegemaran Anda
Hal ini sangat penting sebelum nantinya menentukan bidang apa yang ingin Anda geluti. Pastikan menyelami kegemaran atau hobi Anda, dengan begitu Anda tidak akan mudah bosan seperti pada pekerjaan sebelumnya. Apakah hobi di bidang musik, film, sastra, atau bahkan di bidang kuliner.

2. Lakukan Riset

Setelah menetapkan bidang apa yang akan diselami nantinya, Anda harus melakukan riset terhadap bidang tersebut. Apakah pekerjaan yang dilakukan akan berhubungan dengan pekerjaan Anda sebelumnya, atau harus benar-benar memulai dari awal? Anda dapat melakukan riset melalui internet atau buku-buku mengenai pekerjaan dalam bidang yang digemari. Setelah mengetahuinya, akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Pastikan Anda tahu apa yang harus dilakukan, sehingga tidak mudah merasa bosan di kemudian hari.

3. Networking
Hal yang paling penting dalam setiap pekerjaan adalah memiliki relasi. Minta bantuan kepada teman yang mungkin pernah memiliki pengalaman di bidang tersebut. Atau bahkan tanya keluarga dan rekan kerja di kantor sebelumnya. Jika tidak banyak orang yang Anda kenal memiliki wawasan tentang bidang yang digemari, cari komunitas melalui jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Komunitas berdasarkan kegemaran yang sama akan memungkinkan Anda meraih orang-orang yang diperlukan untuk karir Anda ke depannya.

4. Perbarui CV Anda
Curriculum Vitae atau CV adalah bagian penting dalam memulai sebuah pekerjaan baru. Melalui CV, perusahaan dapat melihat riwayat karir Anda sehingga tertarik untuk mempekerjakan atau bekerja bersama Anda. Jangan hapus beberapa pengelaman hanya karena Anda pikir hal tersebut tidak dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan ini. Terkadang ada beberapa aspek yang justru menjadi nilai tambah buat Anda.

5. Cari Pengalaman Baru
Pekerjaan lama mungkin saja sedikit berhubungan dengan pekerjaan baru yang Anda impikan ini. Namun, jika tidak, Anda harus memulai karir impian tersebut dari awal. Jangan berkecil hati, Anda dapat mejadi volunteer, peserta magang atau bahkan mengikuti beberapa kelas yang berhubungan dengan bidang kegemaran itu. Jangan malas untuk mempersiapkan diri dan mencari tahu berita terbaru tentang bidang ini. Anda tidak akan pernah tahu kapan akhirnya dapat masuk ke dalam bidang tersebut. Jika ada lowongan dan sudah memiliki skill yang dibutuhkan, akan lebih cepat bagi Anda untuk memulai pekerjaan impian itu.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: