Tips Membentuk Kesan Positif bagi Karyawan Baru

Menjadi karyawan baru memang tidak pernah mudah. Gugup karena tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya, sangat wajar dirasakan saat Anda bekerja di lingkungan baru.

Lebih penting lagi, Anda harus bisa membuat kesan pertama yang positif pada atasan dan rekan kerja. Bagaimana caranya? Ternyata hanya perlu empat langkah mudah, seperti yang dikutip dari She Knows.

1. Tersenyum
Mungkin kedengarannya sepele, tapi senyuman adalah hal kecil yang sangat penting saat Anda menjadi karyawan baru dan ingin membuat kesan pertama yang baik di lingkungan kantor. Rasa gugup dan gelisah di tempat baru memang hal yang wajar dan mungkin membuat Anda lupa tersenyum. Tapi cobalah tetap fokus dan bersikap terbuka serta ceria.

Ketika tersenyum, Anda akan terlihat mudah didekati, yang berarti menjadi kunci untuk membina hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Senyuman, akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang ramah, baik dan bisa diajak kerja sama.

2. Berpakaian yang Pantas
Saat tes tertulis dan wawancara kerja, mungkin Anda sudah sedikit memperhatikan bagaimana orang-orang di kantor tersebut berpakaian. Meskipun mungkin budaya di kantor baru membolehkan karyawannya berpakaian santai, tapi di awal-awal masuk kerja, sebaiknya kenakan pakaian yang lebih rapi dan tidak terlalu casual. Tampil rapi, akan menunjukkan sisi profesionalisme Anda.

Tidak perlu menyediakan bujet khusus hanya untuk membeli pakaian dan sepatu baru. Anda juga tidak harus memakai baju serba baru dari atas sampai bawah. Cukup pilih sesuatu yang klasik dan timeless, misalnya rok pensil, celana hitam berpotongan lurus, kemeja putih dan cardigan, serta sepatu pumps kulit.

3. Pro-aktif
Mungkin Anda akan memilih lebih banyak diam beberapa minggu setelah masuk ke kantor baru untuk mempelajari lebih banyak keadaan di sana. Tapi akan lebih baik jika Anda bisa bersikap pro-aktif. Kemukakan pendapat Anda saat meeting. Jika Anda punya sesuatu yang bisa dikontribusikan pada atasan dan rekan kerja, ke depannya mereka akan melihat Anda sebagai aset perusahaan yang patut dihargai.

Rasa gugup itu pasti ada, tapi jika ada hal-hal positif yang bisa Anda bagi untuk kantor, kenapa harus menahan kesempatan itu? Jangan takut akan dicap sebagai karyawan yang suka pamer bakat atau cari muka, jika memang ide Anda itu bagus, Anda pasti akan dilihat sebagai karyawan yang berpotensi tinggi memajukan perusahaan.

4. Tunjukkan Kemampuan Kerjasama Tim
Salah satu cara terbaik untuk membuat kesan positif di tempat kerja adalah menunjukkan kalau Anda bisa dan bersedia bekerja dalam tim. Sikap ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Saat ada pembagian kerja, lakukan tugas Anda sebaik mungkin. Jika memungkinkan, bantu pekerjaan rekan lain yang berada dalam tim Anda. Dengan begitu, Anda bisa jadi karyawan yang diandalkan. Tapi tetap bentuk batasan, jangan sampai Anda hanya diperalat untuk dikuras tenaganya oleh rekan kerja yang lain.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: