Tips untuk Mendapatkan Kesan Positif dari Bos

Terkadang pekerjaan yang menumpuk di kantor menjadi beban buat Anda. Terlebih lagi jika apa yang sudah dikerjakan dengan sepenuh hati, tidak mendapat pujian dan apresiasi dari atasan di tempat kerja. Hal tersebut dapat membuat Anda down dan berkecil hati. Sehingga tak sedikit orang kerap cenderung melakukan hal negatif untuk mendapatkan perhatian dari atasan di kantor. Misalnya cari muka atau menjelekkan rekan kerja lain.

Sebenarnya ada beberapa trik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan cara yang lebih baik tanpa harus jadi ‘penjilat’. Cobalah trik di bawah ini, seperti dilansir oleh idiva.

1. Jangan Menjilat
Menjilat bos di kantor merupakan hal yang cenderung dilakukan untuk mencuri perhatian lebih dari atasan. Namun hal tersebut hanya dapat membuat Anda mempermalukan diri sendiri. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam memuji atasan. Memberikan pujian untuk bos memang tidak ada salahnya, namun tentunya perlu ada batasan. Lontarkan pujian hanya jika si bos benar-benar melakukan prestasi.

2. Jangan Asal Berbicara
Tak sedikit orang cenderung asal dalam berbicara. Belajarlah menahan segala pembicaraan yang ingin Anda lontarkan mengenai berbagai hal terhadap bos maupun rekan kerja. Hindari pembicaraan yang sensitif dan kalimat-kalimat yang negatif. Hal tersebut hanya akan merusak reputasi Anda sendiri. Sehingga citra Anda di depan atasan dan rekan kerja menjadi negatif.

3. Dilarang Menangis Tersedu-sedu
Ketika rekan kerja atau bos di kantor melakukan tindakan yang membuat sakit hati, jangan sampai Anda malah menangis tersedu-sedu. Bersikaplah bahwa tegar dan bertanggungjawab. Jika memang ada kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan, sebaiknya berterus terang dan meminta maaf. Hal tersebut dapat membuat citra Anda menjadi positif.

4. Bersikap Optimis
Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah bersikap positif dan optimis. Dengan begitu segala pikiran yang negatif yang dapat menyebabkan Anda stres akan terminimalisir. Oleh karena itu, belajarlah untuk menghargai rekan kerja untuk membuat suasana kerja lebih produktif dan kondusif. Dengan begitu, Anda dapat mengangkat citra Anda di hadapan bos.

5. Bersikap Diplomatis
Untuk menghadapi adanya permasalahan di kantor, sebaiknya analisa permasalahan tersebut dan mencernanya sebelum memberikan keputusan. Jangan sampai Anda malah semena-mena dalam memandang dan menghadapi permasalahan yang ada. Pertimbangkan segala kata-kata yang ingin diucapkan terutama ketika Anda mengirim e-mail ke banyak pihak.

6. Banyak Bertindak, Sedikit Bicara
Jangan banyak bicara, tetapi banyaklah bertindak. Tunjukkanlah kemampuan Anda dalam bekerja. Hal ini akan dapat menjadi bukti konkret bahwa Anda memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. Sehingga bos juga akan memandang Anda sebagai salah satu karyawan yang berharga bagi perusahaan.

1 Comment (+add yours?)

  1. KRISNA
    Oct 20, 2015 @ 14:20:05

    NICE INFO, THANKS INI SANGAT BERMANFAAT, JANGAN BERHENTI MENULIS

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: