5 Langkah Mencapai Tujuan Hidup Yang Anda Impikan

Sebagian dari Anda pasti pernah berpikir bahwa hidup harus memiliki tujuan. Pernyataan tersebut memang benar. Menentukan tujuan hidup memang tidak sulit, tetapi menentukan tujuan hidup yang realistis dan menemukan langkah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut tidak semudah yang Anda pikirkan. Anda harus pandai memilah dan hidup lebih bijaksana.

Karena itu kali ini saya mencoba membagi langkah-langkah menuju kesuksesan menjadi 5 bagian, sebagai berikut :

1. Tentukan tujuan yang realistis dan memungkinkan untuk dilakukan

Untuk merealisasikan tujuan hidup menjadi kenyataan, pertama-tama Anda harus memastikan tujuan tersebut “mungkin” untuk dilakukan. Semisal Anda ingin memiliki rumah dalam 3 tahun kedepan, tetapi Anda belum memiliki pekerjaan, tentunya tujuan tersebut akan sangat sulit untuk dicapai. Dalam kondisi seperti ini, akan lebih realistis jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah Anda menentukan tujuan Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk

menentukan langkah-langkah yang harus di lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan tujuan hidup berbeda dengan berangan-angan. Anda harus memiliki kontrol akan tujuan hidup Anda.

2. Uraikan tujuan hidup Anda menjadi langkah-langkah kecil

Perubahan hidup tidak akan bisa terealisasi dalam momentum yang cepat. Butuh banyak proses-proses kecil yang harus Anda capai sebelum Anda bisa mencapai tujuan tersebut. Contohnya jika Anda ingin membeli rumah, tentu Anda harus memiliki uang atau tunjangan dari Bank. Lalu, untuk dapat memiliki uang Anda harus bekerja, untuk dapat bekerja Anda harus memenuhi kualifikasi dan memiliki kompeten sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan, dsb.

3. Tentukan bagaimana cara Anda mengukur tingkat kesuksesan Anda.

Bagaimana Anda akan menentukan bahwa Anda telah mencapai tujuan Anda? Seberapa jauh Anda telah mencapai kesuksesan tersebut? Apakah cara yang Anda lakukan sudah benar? Tentu ini adalah faktor-faktor yang sangat penting untuk diketahui.

4. Tentukan waktu pencapaian tujuan Anda

Tentunya Anda tidak ingin mencapai tujuan Anda tanpa waktu yang tidak ditentukan. Contohnya saja dengan kasus di atas, Anda ingin mendapatkan pekerjaan, tetapi Anda tidak menentukan kapan Anda ingin mendapatkanya. Maka tidak akan pernah ada dorongan dalam diri Anda untuk melakukanya. Susun perencanaan waktu dalam tiga sekenario. Jangka pendek, menengah dan jangka panjang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

5. Rencanakan dan tentukan strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda

Untuk mencapai tujuan Anda, harus ada evaluasi mengenai apa yang Anda miliki saat ini untuk mencapai tujuan hidup yang Anda tentukan. Selain itu Anda juga harus mengkaji masalah dan rintangan yang mungkin akan dihadapi. Oleh karena itu strategi sangat penting untuk menuntun Anda menemukan langkah-langkah yang tepat. Ingat, ambisi sangat baik dalam suatu pencapaian, tetapi jangan sampai Anda gagal karena keputusan yang diambil secara emosional. Tanpa perencanaan yang baik, akan sangat sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan Anda.

2 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Jan 16, 2016 @ 21:13:11

    Makasih banget, artikel yang bagus. Membuat saya semakin mengarah ke tujuan

  2. Anonymous
    Mar 04, 2016 @ 08:55:33

    woh terima kasih .ayat yang gramatis .tq for the artikel

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: