8 Tips Agar Freelancer Tetap Produktif

Kelebihan seorang freelancer adalah memiliki fleksibilitas waktu dalam pekerjaannya, namun bukan berarti seorang freelancer tidak mempunyai aturan dalam pekerjaannya.

Berikut 8 tips freelancer untuk tetap produktif.

1. Gunakan aplikasi manajemen waktu

Aplikasi manajemen waktu sangat amat berguna bagi kita seorang freelancer. Melacak proses tugas, tanggat deadline dan aktifitas-aktifitas lainnya akan sangat terbatu dengan keberadaan aplikasi ini. Rescue Time dan E. egg Timer adalah beberapa aplikasi Time Management yang bisa anda gunakan.

2. Investasi untuk ruang kerja anda

Ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan produktifitas. Sisihkan penghasilan untuk membuat ruang kerja anda lebih berwarna. Ciptakan suasana ruang kerja yang nyaman dan tenang, bisa dengan mengubah warna cat tembok atau memberikan ornamen-ornamen unik yang menyegarkan mata.

3. Membuat daftar yang harus dilakukan

Jangan persulit kerja otak anda dengan mengingat banyak tugas-tugas yang harus anda lakukan,buatlah semacam to do list sebagai pengingat.


4. Carilah partner

Jika anda merasa kewalahan dalam menghadapi tugas yang begitu banyak, carilah rekan kerja. Pilihlah rekan kerja yang menyenangkan dan profesional.

5. Berliburlah secara teratur

Siapa bilang freelancer tak butuh berlibur? semua profesi membutuhkan liburan, jadi buatlah jadwal berlibur secara teratur. Ingat berlibur dapat membuat kita rileks yang berimbas pada semangat kerja yang kembali menyala.

6. Monitor output anda

Kontrol hasil dari pekerjaan yang anda buat, bila perlu mintalah orang lain untuk melakukan penilaian atau koreksi terhadap pekerjaan yang telah anda lakukan.

7. Singkirkan teknologi yang menganggu

Ketika anda akan mengerjakan sebuah projek, matikan semua alat komunikasi yang mengganggu, blackberry, YM, Twitter dll. Tetaplah fokus pada tugas yang anda hadapi saat itu.

8. Jadilah realistis pada pekerjaan anda

Jika anda sudah menjadi Freelancer terkenal, puluhan proyek pastilah menanti anda. Realistislah, setiap manusia punya batas kemampuan. Jangan terlalu rakus untuk menyanggupi semua proyek yang dimintakan kepada anda. Dengan membatasi diri, anda bisa lebih fokus pada kualitas sehingga membuat klien memiliki nilai positif terhadap anda.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: