Tips Membangkitkan Kepercayaan Diri Agar Sukses

Percaya diri merupakan kunci utama agar seseorang bisa meraih kesuksesan, baik itu dalam berkarir, membina keluarga yang harmonis, maupun mencapai sesuatu yang diinginkan. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri bisa didapat dari beragam faktor, lingkungan misalnya. Namun, kunci penting untuk dapat membina rasa percaya diri sebenarnya berasal dari diri sendiri.

Tetapi tak sedikit dari Anda kurang merasa percaya diri. Kenapa bisa demikian? “Orang selalu tidak bisa percaya diri karena mereka selalu bertahan di comfort zone. Jadi mereka harus keluar dari zona nyamannya agar dapat memiliki kepercayaan diri yang lebih. Every single thing yang kita lakukan sekarang itu impact-nya untuk masa depan kita nanti. Terus berusahalah untuk mengubah kata ‘why’ menjadi ‘why not?’,” Papar Psikolog Rosdiana Setyaningrum yang kerap disapa Diana saat ditemui dalam kampanye Rexona yang bertajuk ‘Rexona Kenapa Enggak?’, di Hong Kong Cafe, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2012).

Padahal, dengan adanya rasa percaya diri dapat memberikan perubahan yang luar biasa di dalam hidup. Tentunya bukan hanya cita-cita saja yang dapat tercapai, tetapi juga berbagai peluang dan kesempatan yang datang secara terbuka dengan lebar. Kepercayaan diri juga bisa membuat orang menyadari apa sebenarnya potensi yang dia miliki.

Sayangnya tidak banyak orang yang bisa dengan cepat mengetahui apa potensi dirinya. Biasanya mereka hanya meratapi dan merenungkan nasibnya dengan berkata kepada diri sendiri, misalnya ‘kenapa saya seperti ini?’ atau ‘kenapa saya tidak bisa seperti dia?’. 

Pertanyaan-pertanyaan yang kerap ada di pikiran wanita ini lah yang akhirnya menginspirasi Rexona untuk meluncurkan kampanye ‘Rexona Kenapa Enggak?’. Dengan adanya kampanye tersebut diharapkan wanita tidak lagi takut dan percaya diri untuk mengambil kesempatan yang datang pada mereka.

“Saat kita tidak percaya diri, kita sering bertanya ‘kenapa?’, dan kemudian kita membatasi diri dari berbagai kesempatan. Tapi, bila kita percaya diri saat kesempatan datang, maka tanpa ragu kita akan bertanya ‘kenapa enggak?’,” papar Senior Brand Manager Rexona Memoria Dwi Prasita.

Lantas bagaimana caranya untuk membangkitkan kepercayaan diri itu? Diana mengatakan cukup memotivasi diri sendiri bahwa Anda memiliki potensi yang tak terhingga dan kekuatan positif yang bisa diandalkan. Selain itu, cobalah untuk menerima segala tantangan yang ada.

“Tantangan itu merupakan suatu bentuk ujian tingkat kepercayaan diri seseorang, nah kalau kita bisa mengambil dan menghadapi suatu tantangan, maka itu merupakan suatu pencapaian terhadap diri kita sendiri,” ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia itu.

Selain itu, kepercayaan diri juga bisa didapat dari lingkungan sekitar. Diana menyarankan banyak-banyaklah bergaul entah itu dengan keluarga, saudara atau teman. Pergaulan yang luas bisa menumbuhkan kepercayaan diri, apalagi jika orang-orang di sekeliling memberikan masukkan positif.

“Tidak usah jauh-jauh meraih percaya diri. Anda dapat belajar dari lingkungan sekitar dan memiliki kemauan. Jika Anda tidak memiliki kemauan tentu akan sulit memotivasi diri. Semua berbalik pada kemauan dan jangan pernah takut akan tantangan tersebut.”

Becky Tumewu, Prisia Nasution dan Melanie Putria selaku Brand Ambassador Rexona juga turut hadir dalam acara tersebut. Masing-masing dari mereka juga memberikan pengalamannya yang dapat memotivasi orang banyak.

“Berkeluarga dan menjadi seorang ibu tidak pernah menghalangi saya untuk terus berprestasi. Justru keluargalah yang menjadi motivasi saya. Namun bagi saya, prestasi adalah ketika saya dapat menyelaraskan keluarga dan prestasi saya sebagai individu. Mencapai lebih untuk diri sendiri dan untuk keluarga bukanlah hal yang mudah, namun dengan percaya diri, saya yakin semua wanita Indonesia mampu melakukannya,” ujar Melanie Putria, mantan Puteri Indonesia yang kini menjadi istri dan ibu dari satu orang anak.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: