Tips Meningkatkan Percaya Diri di Kantor

Rasa percaya diri diperlukan dalam berbagai situasi, salah satunya saat bekerja. Hal terpenting yang harus diingat, rasa percaya diri itu sebenarnya datang dari pikiran kita sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar makin percaya diri saat bekerja di kantor. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

Ketahui kualitas diri Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui apa kualitas dan kelebihan diri Anda. Buatlah daftar dan tuliskan di selembar kertas. Jika Anda masih ragu, bisa menanyakan ke rekan kerja yang selama ini sering berinteraksi dengan Anda di kantor. Kenali kualitas tersebut, mulai dari kualitas emosional, intelektual, hingga interpersonal, dan bagaimana kelebihan itu telah membantu Anda dalam bekerja.

Tentukan tujuan

Memiliki tujuan adalah sebuah cara yang bisa mendorong Anda untuk bertindak dan membuatnya jadi kenyataan. Kadang untuk menjadi percaya diri adalah dengan berani mengambil risiko. Beri diri Anda tantangan, misalnya dalam hal pekerjaan, selesaikan dan jika berhasil Anda akan mempunyai rasa percaya diri yang lebih.

Kembangkan keahlian

Menjadi percaya diri juga bagaimana mengubah cara pikir Anda, dengan menganggap diri sendiri mampu untuk belajar sesuatu yang Anda inginkan atau Anda butuhkan. Keinginan untuk terus belajar dan mencari tahu tentang hal-hal baru, akan membuat Anda lebih percaya diri karena Anda akan merasa diri lebih ‘kaya’ akan pengalaman.

Bikin diri Anda berbeda

Jika selama ini Anda selalu berbaur dengan kerumunan orang dan terlihat sama, kali ini beranikan diri untuk mengekspresikan kepribadian Anda. Keluarlah dari kerumunan dan buat diri Anda berbeda dengan melakukan hal yang tidak sama dengan kelompok Anda. Setiap orang punya keunikan, maka berbanggalah dengan hal itu. Tak perlu malu mengungkapkan pendapat Anda, meski berbeda dengan rekan kerja yang lain.

Berada di sekitar orang yang mendukung

Kelilingi diri Anda dengan orang yang selalu berpikiran positif dan bisa mendukung Anda dalam setiap pekerjaan. Berada dalam lingkungan orang yang senang merendahkan Anda atau bersikap negatif, hanya akan membuat rasa percaya diri Anda jadi lemah.

Jangan pernah bilang tidak mungkin

Coba dulu, tanpa harus memikirkan apakah Anda bisa, apakah akan gagal, atau lainnya. Setiap pekerjaan mungkin terasa berat di awal dan mungkin Anda akan melakukan kesalahan, tapi cobalah belajar dari kegagalan dan kesalahan itu. Ketika dari permulaan saja Anda sudah menyerah, maka Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi seandainya Anda mencoba.

Susun tujuan Anda

Apa yang menjadi tujuan karir Anda dalam beberapa waktu ke depan? Susunlah rencana itu mulai dari sekarang, supaya Anda bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk meraihnya. Ketika Anda tahu tujuan Anda apa, Anda tidak akan ragu dalam menghadapi setiap masalah pekerjaan yang ada.

Jangan pernah menyerah

Pernah gagal sekali bukan alasan bagi Anda untuk menyerah. Ingat kembali apa keberhasilan yang pernah Anda dapatkan selama ini, untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tidak ada orang yang sempurna, jadi gagal itu bisa jadi sarana Anda untuk belajar dan mengevaluasi diri. Setelah tahu bagian apa yang harus diperbaiki, maka Anda pun bisa makin percaya diri dalam bekerja.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: