Hal-Hal Yang Tidak Perlu Dibahas Dengan Rekan Kerja

Menjalin pertemanan dengan rekan kerja di kantor memang perlu. Hal tersebut juga merupakan cara untuk membina hubungan yang baik dengan mereka. Selain bisa membuat Anda menjadi lebih betah di kantor, bergaul dengan rekan kerja dapat membuat hari-hari di kantor terasa menyenangkan. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diterapkan, salah satunya dalam percakapan.

Bagaimana dan apa yang Anda komunikasikan dengan rekan kerja, dapat juga membentuk reputasi Anda. Seperti dikutip dari Savvy Sugar, ada empat hal yang tak perlu dibahas dengan rekan kerja saat mengobrol.
1. Uang
Uang merupakan sesuatu yang sensitif jika dibicarakan. Bukan hanya soal gaji yang perlu dijaga kerahasiaannya. Utang atau pinjaman milik Anda dan orang lain merupakan masalah pribadi, jadi sebaiknya hindarilah pembicaraan dengan rekan kerja yang berhubungan dengan subyek tersebut dan cobalah mengalihkan ke topik pembicaraan yang lain.

2. Gosip di Kantor
Gosip memang selalu ada dan datang kapan saja, meskipun itu di kantor. Akan tetapi bukan berarti Anda harus berpartisipasi membicarakan gosip yang ada. Yang dinilai di tempat kerja adalah bagaimana kredibilitas Anda dalam bekerja, bukan dari kemampuan dalam bergosip. Jadi sebaiknya hindarilah topik yang menjurus ke soal gosip di kantor.

3. Jabatan Kerja
Jika bos di kantor menawarkan Anda untuk naik jabatan, maka beritahulah orang terdekat Anda seperti keluarga, kekasih dan sahabat. Namun jangan memberitahukan hal ini kepada rekan kerja, kecuali jika mereka menanyakan langsung. Tunggulah sampai ada pengumuman yang dibuat oleh perusahaan atau sampai jabatan Anda berubah secara resmi.

4. Masalah Pribadi
Biasanya orang kerap menceritakan semua hal yang terjadi dalam hidup dengan orang yang berada di sekitarnya. Meskipun Anda merasa dekat dengan rekan kerja, mereka tetap saja rekan kerja Anda dan beberapa hal tidak harus dibagi dengan mereka. Bercerita soal liburan bersama keluarga, tidak menjadi masalah. Tapi bicara detail tentang hubungan pribadi dengan rekan kerja? Tidak harus diceritakan. Jika merasa ragu, tanyakan pada diri sendiri apakah ini hal yang memang perlu diketahui oleh orang lain atau tidak.

1 Comment (+add yours?)

  1. Ripki
    Sep 05, 2013 @ 16:20:38

    Saya setuju tuh dengan apa yang dikatakan di atas. salam kenal aja gan

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: