Tips Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Jika tidak dapat mengingat kapan terakhir kali hang-out bersama teman-teman atau secara teratur mengecek handphone meskipun tidak berbunyi, maka Anda perlu waktu untuk berhenti sejenak dan mengganti prioritas Anda.

Kerja keras yang dilakukan merupakan kegiatan yang positif, tetapi apabila hal tersebut telah membuat Anda kelelahan, maka sudah saatnya untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk menambahkan waktu luang pribadi, seperti dilansir oleh Savvy Sugar.

1. Me TimeBuatlah pengingat di handphone atau tambahkan jadwal “Me Time” ke dalam kalender. Kegiatan tersebut perlu dilakukan agar Anda dapat memiliki waktu luang untuk memanjakan diri sendiri tanpa adanya gangguan.

2. Berolahraga
Salah satu cara terbaik untuk menjernihkah pikiran dan menghilangkan stress adalah dengan melakukan olahraga ringan. Kegiatan tersebut mampu memberikan dampak positif untuk kebugaran tubuh. Anda bisa melakukannya dengan jogging di pagi atau sore hari, atau olahraga ringan lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan.

3. Batasi Jam Kerja di Rumah
Dengan adanya teknologi modern saat ini memudahkan untuk bekerja selama 24 jam dalam sehari. Tetapi bukan berarti Anda harus bekerja selama itu. Jika ada pekerjaan mendesak yang harus dilakukan di rumah, Anda harus membatasi jam kerja agar tidak berlebihan.

4. Ambil Waktu Pribadi untuk Istirahat
Saat jam istirahat di siang hari, Anda perlu mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit dan manfaatkanlah waktu tersebut untuk keperluan pribadi Anda. Misalnya menelepon kekasih atau suami, mengobrol dengan rekan kerja, membeli camilan di mini market atau membuat daftar tugas yang harus diselesaikan selama seminggu ke depan sambil bersantai di salah satu kedai kopi.

5. Pulang Kerja Tepat Waktu
Anda perlu menetapkan batasan kapan harus berhenti bekerja dan pulang ke rumah tepat waktu. Jadi jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan secepatnya, sebaiknya mengambil waktu tambahan di kantor sekitar 45 menit. Kemudian kembali berkutat dengan pekerjaan, namun hanya menyelesaikan poin-poin terpentingnya saja.

6. Matikan Ponsel Saat Tidur
Hal ini membantu Anda untuk tidak selalu memeriksa smartphone ketika berbunyi. Jadi sebaiknya letakkan ponsel Anda sejauh mungkin dari tempat tidur dalam keadaan off.

7. Jadwalkan Waktu Hang-out Bersama Teman
Bila Anda adalah tipe pekerja keras yang sangat sibuk, tak ada salahnya membuat rencana liburan dari jauh-jauh hari. Ada baiknya Anda menghubungi beberapa teman atau kerabat untuk sekedar makan atau hang-out bersama.

8. Melakukan Hobi
Apakah anda suka membaca, melukis, atau bermain musik? Penting bagi Anda untuk memasukan hobi ke dalam jadwal kegiatan. Hal ini membantu Anda untuk memiliki quality time dengan diri sendiri. Anda dapat memulainya dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus musik, lukis dan lain sebagainya.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: