10 Cara Mengatasi Jenuh di Kantor

Rasa jenuh akan sesuatu hal terutama pekerjaan tentu merupakan hal yang umum dialami oleh setiap orang. Mungkin alasan kita jenuh karena pekerjaan kita begitu – begitu saja, tidak ada tantangan yang berarti atau mungkin kita merasa ingin mencari pekerjaan baru. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, lambat atau cepat akan berpengaruh kepada kinerja kita sendiri. Orang yang dinamis, selalu menginginkan adanya perubahan dan tantangan. Tetapi sebelum angkat kaki dari pekerjaan yang sudah Anda tekuni bertahun – tahun, ada baiknya Anda renungkan kembali, benarkah Anda memang ingin mencari pekerjaan yang baru ataukah Anda hanya jenuh sesaat ? Jika memang tidak ada sesuatu hal yang sangat mengganggu dalam pekerjaan atau lingkungan pekerjaan, bisa jadi Anda hanya jenuh sesaat.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh :

1. Lakukan sesuatu yang baru

Jenuh identik dengan rasa bosan. Anda bisa melakukan sesuatu yang baru untuk mengatasi rasa jenuh anda seperti : menata meja kerja dengan pernak pernik baru seperti hiasan meja baru, pigura dengan foto anda yang baru, atau mungkin ada bisa mengubah gaya penampilan baru seperti model rambut yang baru, model baju kerja yang baru, dll.

2. Jadwalkan waktu untuk cuti dan berlibur

Anda mungkin jenuh karena terlalu padatnya aktifitas yang Anda alami dalam pekerjaan, ada baiknya Anda mengatur jadwal untuk cuti dan berlibur. Aturlah jadwal cuti jauh – jauh hari sehingga Anda bisa mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan teman pengganti sebelum jadwal cuti Anda tiba. Bayangkan betapa senangnya Anda berlibur, dan rencanakan tempat – tempat atau aktifitas yang anda sukai selama waktu cuti anda tersebut. Dengan membayangkan saja aktifitas selama cuti yang menyenangkan, pasti semangat Anda akan muncul kembali.

3. Makan siang yang menyenangkan

Makan siang adalah waktu yang tepat dimana kita bisa meninggalkan kepenatan aktifitas pekerjaan sejenak. Aturlah makan siang yang menyenangkan sehingga rasa jenuh Anda bisa teratasi. Jika biasanya Anda makan siang di dalam ruangan saja, ada baiknya sekali – sekali Anda mengatur waktu makan siang bersama teman – teman di luar kantor. Melihat – lihat suasana di luar kantor sejenak terbukti bisa mengembalikan mood Anda.

4. Tunjukkan ide – ide baru

Anda jenuh dengan pekerjaan yang membosankan ini ? Ingin sesuatu yang baru ? Kenapa harus menunggu ? Ciptakan ide – ide baru dan tunjukkan kepada pimpinan Anda tentang ide baru Anda ini, tentu saja itu harus berhubungan dengan pekerjaan Anda sehari – hari. Pimpinan yang baik pasti akan memikirkan dan memberikan kesempatan kepada karyawannya yang mau berkembang dan memiliki kreatifitas dalam pekerjaannya. Dengan melakukan hal – hal yang baru, otomatis rasa jenuh Anda juga akan jauh lebih berkurang.

5. Berpikir positif dan bersyukur

Usahakan setiap hari, begitu Anda memulai aktifitas dalam pekerjaan, berpikirlah positif. Apapun yang Anda alami hari itu, cobalah membawanya ke dalam aura positif. Mungkin pimpinan meminta Anda melakukan tugas yang tidak begitu Anda sukai, berpikirlah positif dan bersyukurlah, karena itu artinya pimpinan percaya bahwa Anda bisa melakukan tugas yang diberikan dengan baik dan benar. Ingatlah, di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung Anda dalam hal pekerjaan dan penghasilan. Dengan berpikir positif dan bersyukur akan membuat Anda menjadi orang yang selalu menghargai segala hal.

6. Carilah teman di kantor

Dengan memiliki teman, kamu memiliki tempat untuk berbagi keluh-kesah atau sekadar melakukan hobi bersama, seperti wisata kuliner atau menonton film. Kehadiran teman membuatmu tidak merasa sendirian dan melupakan sejenak rasa jenuh terhadap pekerjaan.

7. Tiru teman yang sangat mencintai pekerjaannya

Selama hal tersebut positif, contohlah perilaku rekan kerjamu. Perhatikan atau berbagi mengenai caranya mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagimu untuk menambah motivasi bekerja.

8. Kuasai diri

Bosan akan muncul saat kita mulai lelah. Tempatkan segala sesuatu pada diri Anda secara baik, benar, dan tepat. Belajarlah untuk mengendalikan emosi Anda, jika perlu sekali-kali Anda mencoba Test ESQ (Emotional Spiritual Question). Tes ini adalah pelatihan kecerdasan emosi dan spiritual diri yang dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan kehidupan Anda baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam karir Anda.

9. Pikirkan hal menyenangkan dari pekerjaan yang kamu tekuni

Ingat dan pikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang kamu peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah hal itu sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja.

10. Rencanakan masa depan

Saat mengalami fase jenuh, inilah waktu yang tepat bagimu untuk melihat dan menata kembali rencana masa depanmu. Apakah kamu akan tetap bertahan pada pekerjaan tersebut atau akan pindah ke bidang lainnya. Rencana masa depan yang jelas, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja.

 

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: