Karir Anda Mentok? Lalu Apa yang Ingin Anda Lakukan?

drsj12Jika selama ini Anda berpikir bahwa pekerjaan hanya membebani saja, maka sekarang ubahlah mindset tersebut. Cobalah untuk berfikir bahwa kerja merupakan lahan untuk bermain, bersosialisasi, bertumbuh dan juga membuat bahagia. Kita juga perlu ingat bahwa kerja keras dan juga energi yang kita keluarkan akan menentukan kuantitas dan mutu kerja kita nantinya. Ingatlah bahwa hidup-matinya karir tidak bisa begitu saja diserahkan pada perusahaannya tetapi harus kita yakini sebagai tanggung jawab pribadi.

Karir yang mentok disebabkan oleh rasa, cara pikir dan tingkah laku yang akhirnya membentuk endapan di dalam diri kita. Inilah mengapa kita diminta untuk selalu bersikap dan berpikir positif secara konsisten. Karena jika kita melakukan sesuatu secara konsisten, maka sesuatu itu akan melekat pada diri kita. Misalnya ketika kita justru konsisten dalam mengembangkan self- talk negative (misalnya dengan merasa diri sendiri tidak pernah dihargai), secara otomatis perasaan dan raut wajah kita juga akan mengarah ke statement tersebut. Dan hal inilah yang kemudian memadamkan motivasi. Untuk itulah kita harus mengubah persepsi kita tentang pekerjaan kita. Kita harus belajar untuk melihat pekerjaan kita dengan sisi lain yang lebih antusias, jadi Anda juga kan lebih bersemangat dalam membicarakan dan mengerjakannya sama seperti membicarakan pengalaman-pengalaman yang lain di luar pekerjaan. Dengan begini, karir kita pun akan lebioh hidup dan kita tidak akan merasa cepat lelah.

Karir yang mentok harus kita siasati dengan bertanya pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kita inginkan di dalam pekerjaan kita. Karena orang yang jelas mengetahui apa yang diinginkan oleh dirinya sendiri lebih mampu menyebutkan apa yang ingin dia dapat di dalam sebuah pekerjaan, misalnya pekerjaan yang memperbolehkan Anda berpendapat, kantor yang dekat deari rumah, menyediakan tantangan, memperhatikan kesejahteraan karyawan, dan lain sebagainya.

Berikut tips dari Kevin Wu Result Consultant, salah seorang trainer muda Indonesia

1. Pamer kelebihan Anda
Perusahaan merupakan organisasi dengan banyak orang di dalamnya. Dengan kondisi seperti ini, tak mudah bagi seorang pimpinan untuk mengenal setiap karyawannya. Karena itu, Anda harus berani tampil beda dalam hal yang positif. Sehingga siapapun di tempat Anda bekerja, terutama pimpinan, tahu tentang Anda.

Cobalah tampil beda dalam hal yang sangat positif. Misalnya, jika teman-teman kerja sering datang terlambat, manfaatkan kesempatan ini dengan selalu datang tepat waktu. Atau, bila sedang rapat, usahakan untuk mengungkapkan pendapat Anda. Dengan begitu, atasan bisa lebih mengenal Anda.

drsj10

2. Selalu ciptakan kesan positif
Jika bos telah mengenal Anda, buat dia selalu ingat Anda lewat prestasi dan potensi yang Anda miliki. Tak perlu mendekatinya dengan cara mencari muka atau menjilat, karena pendekatan seperti itu justru hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Yang perlu Anda perkuat adalah prestasi kerja, terutama jika pimpinan memberikan kepercayaan untuk menangani proyek-proyek penting, Jika kesempatan belum datang, berlatihlah mulai sekarang dengan menyelesaikan tanggung jawab satu persatu. Ingat, kepercayaan tidak muncul dalam 1-2 hari, karenanya harus dipupuk sejak dini.

drsj11

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: