Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Pekerjaan di kantor yang tidak ada habisnya dan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda terkadang membuat Anda merasa tertekan, bahkan hingga menimbulkan stres yang berkepanjangan. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam menyikapi hal-hal tersebut agar tidak mengganggu performa Anda dalam bekerja dan tidak mengganggu pikiran maupun kehidupan pribadi Anda.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres yang Anda alami di tempat kerja.

1. Makan sehat

Makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan akan menghindarkan kamu dari stres. Sayur-sayuran terutama sayuran hijau mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang mampu mencegah bahkan meredakan stres, dan meningkatkan mood kita. Selain itu, makan pada waktu yang tepat juga dapat membantu Anda dalam meredakan stres.

2. Mendengarkan musik

Disela-sela pekerjaan, dengarkanlah musik favorit Anda dengan menggunakan earphone. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan tentunya mengurangi tingkat stres. Selain itu, musik juga dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik.

music

3. Berpikir positif

Jika Anda diberikan banyak pekerjaan oleh atasan, berpikirlah bahwa atasan Anda mempercayai dan menganggap Anda memiliki kemampuan yang lebih. Dan jika Anda mendapat kritikan dari atasan ataupun rekan kerja, anggap saja mereka peduli dengan Anda dan berharap Anda dapat menjadi orang yang lebih baik lagi. Dengan selalu berpikir positif dalam menanggapi segala sesuatu, pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan terjauh dari rasa stres.

4. Tidur teratur

Semakin teratur dan nyenyak tidur Anda, maka pikiran kamu akan semakin rileks. Dengan begitu, pikiran kamu akan menjadi lebih stabil, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya stres dan depresi, bahkan dapat meredakan stres yang sudah muncul. Selain itu, dengan tidur teratur, Anda juga akan bangun dengan lebih segar pada pagi hari dan Anda pun dapat berkonsentrasi dengan baik saat menyelesaikan pekerjaan di kantor.

5. Curhat

Salah satu hal terbaik yang dapat membantu Anda melepaskan semua beban yang ada dalam pikiran Anda adalah dengan cara menceritakannya kepada orang terdekat seperti keluarga dan sahabat, ataupun rekan kerja Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih lega dan pikiran pun menjadi lebih tenang. Di samping itu, mungkin mereka juga dapat memberikan saran-saran untuk Anda dalam mengatasi masalah.

6. Belajar untuk tertawa

Tersenyum dan tertawa adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan stres yang Anda alami. Tertawa akan membuat Anda melepaskan semua ketegangan dan merasa lebih ringan tanpa beban.

7. Istirahatkan pikiran

Saat bekerja, berilah waktu bagi pikiran Anda untuk istirahat sejenak. Anda dapat berjalan-jalan di luar kantor selama beberapa menit untuk membuat pikiran Anda menjadi rileks dan kembali segar. Selama beberapa menit tersebut, jangan pikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, tapi pikirkan hal-hal yang menyenangkan seperti keluarga Anda di rumah.

peace

8. Olahraga teratur

Kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat dan bugar, akan membantu Anda merasa lebih baik dan akhirnya Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan di kantor dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan latihan fisik secara teratur, cukup dengan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda.

9. Ingat kehidupan pribadi

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah bahwa Anda juga memiliki kehidupan di luar kantor, seperti kehidupan dalam keluarga dan pertemanan. Anda harus menyadari bahwa Anda memiliki keluarga dan teman-teman yang akan selalu mendukung Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih menghargai kehidupan pribadi dan pada akhirnya Anda tidak akan membiarkan masalah-masalah yang Anda alami di kantor mempengaruhi kehidupan pribadi Anda.

10. Liburan

Untuk menenangkan pikiran Anda sejenak, sesekali Anda dapat mengajak keluarga untuk pergi berlibur. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk liburan, Anda dan keluarga cukup berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh dan melakukan kegiatan bersama di sana, seperti pergi memancing.

 

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: