Tips Menghadapi Kesalahan di Tempat Kerja

Sama halnya dengan hubungan asmara yang pasang surut, begitu pun dalam dunia kerja yang terkadang harus dialami oleh seorang keryawan. Selama berkarir dalam dunia kerja kita memang tidak selamanya akan berada diatas karena ada kalanya kita akan jatuh kebawa. Kondisi seperti itu sudah menjadi perputaran hidup yang sering dialami oleh manusia terlebih lagi saat berada diatas terpaan angin yang bisa mempengaruhi karir Anda akan semakin kencang. Seperti sebuah pepatah lama yang mengatakan bahwa manusia tidak bisa luput dari kesalahan karena kita memang memiliki batasan dan kita bukanlah makhluk yang sempurna.

Kesalahan juga bissa terjadi di tempat kerja Anda, saat Anda melakukan kesalahan di tempat kerja tentu Anda akan berada dalam kondisi yang tidak nyaman dan bisa membuat Anda stres. Bahkan kesalahan yang Anda lakukan bisa berakibat buruk dalam karir Anda karena perasaan tertekan saat Anda sadar jika Anda telah melakukan kesalahan akan menghambat Anda untuk mengeluarkan kemampuan terbaik Anda. Nah, lebih buruknya lagi adalah dunia kerja tidak akan menunggu Anda sampai Anda kembali lagi dalam performa terbaik Anda. Lantas bagaimana cara menghadapi kesalahan yang Anda lakukan di kantor?

 

 

kantor1

 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui langkah-langkah apa yang tepat dilakukan apabila Anda melakukan kesalahan di tempat kerja.

1. Langkah pertama adalah menyadari kesalahan Anda. Terimalah kondisi jika Anda telah melakukan kesalahan ,segera komunikasikan dengan atasan dan jangan pernah mengajak orang lain untuk masuk dalam masalah Anda karena hal tersebut tidaklah profesional. Terima dan akui kesalahan Anda akan membantu Anda untuk kembali meyiapkan mental Anda dan kembali berjuang.

2. Bersikaplah lapang dada dengan mengakui kesalahan kita. Meminta maaflah dengan wajar tanpa melebih-lebihkan, jelaskan duduk permasalahannya dengan jelas. Bersikaplah wajar dan profesional pada saat meminta maaf, tidak perlu sampai mengemis dikasihani. Jelaskan secara detil apa yang telah Anda lakukan, dengan begitu Anda bisa menemukan di mana letak kesalahan Anda.

kantor2

3. Permintaan maaf belumlah cukup. Anda harus membuktikannya dengan melakukan perbaikan. Bertanggung jawablah atas kesalahan yang telah Anda perbuat, sekalipun itu berarti harus bekerja bahkan sewaktu jam makan siang atau lembur hingga larut malam tanpa upah lembur. Permintaan maaf mungkin hanya berada di bibir, Anda perlu meminta maaf melalui tindakan yang nyata.

4. Jangan mengabaikan kesalahan Anda atau berusaha menutupinya, melainkan berusahalah memperbaikinya sebelum berlarut-larut. Mendiamkan kesalahan bukanlah hal yang sehat dalam sebuah lingkungan kerja yang profesional, belajarlah dari kesalahan dan bergerak maju untuk menjadi orang yang produktif bagi organisasi. Teruslah berpikir dan mencari solusi dari kesalahan yang kita perbuat.

5. Jangan menyalahkan orang lain atau mencari-cari alasan. Sesaat setelah melakukan kesalahan, mungkin Anda tertegun dan merasa bodoh. Lalu mencari berbagai alasan guna menutupi semua itu. Ini adalah reaksi wajar. Namun, mencari alasan dan menyalahkan orang lain hanya akan memperburuk keadaan. Pikullah tanggung jawab atas kesalahan itu dengan gagah berani.

6. Bila kesalahan yang memalukan itu terjadi, terimalah bahwa itu telah terjadi. Ini adalah langkah terbaik untuk memaafkan diri Anda sendiri. Merasa bersalah itu boleh-boleh saja, namun bila Anda tak mampu menerima dan terus-menerus menyesalinya, itu sama dengan menyiksa diri. Belajarlah menertawakan kesalahan diri sendiri. Terkadang melakukan kesalahan sudah merupakan suratan takdir.

7. Bertekadlah untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Tak ada orang yang begitu suci sehingga tak melakukan kesalahan sekali pun. Yang membedakan satu orang dengan yang lain adalah kemampuannya memetik pelajaran dari kesalahan itu, dan bertekad untuk tidak mengulanginya. Bila Anda tahu cara mengatasi suatu kesalahan, Anda menjadikannya sebagai batu pijakan pengembangan diri.

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: