♥ RENDANG Indofood ♥

anda seorang pemula di dapur tapi ingin mengesankan banyak orang? berikut adalah cara mudah memasak rendang sapi yang suuuuuper enak yang bisa membuat orang tertipu dengan level kemampuan memasak anda!

BAHAN:

  • 1 bungkus Indofood Rendang yang belum kadaluwarsa
  • + 400 gr daging sapi >> sekalipun pada bungkus sachet indofood disarankan untuk menggunakan 500 gr daging sapi, tapi saya menggunakan sekitar 410-420 gr agar bumbu lebih terasa
  • 2 – 3 siung bawang merah untuk mengeluarkan rasa supaya lebih mantap

CARA MEMASAK:

  1. Iris daging sapi sesuai selera. Saya biasa membeli daging sapi (beef for stew) dari cold storage yang sudah dipotong kotak2 ukuran 4x4x4cm, karena bahkan saya terlalu malas untuk memotong daging sapi. haha. Cuci bersih daging tersebut dan tiriskan.
  2. Panaskan air dalam panci sebanyak 3/4 panci hingga gelembung mulai naik, lalu masukkan daging sapi.
  3. Tunggu hingga gelembung naik, lalu kecilkan api, tutup panci hingga 4/5 tertutup. Pasang timer untuk 20 menit.
  4. Main fesbuk selama 20 menit.
  5. Tambahkan air di dalam panci yang mulai menyusut, hingga kembali ke 3/4 panci. Tunggu hingga gelembung naik, lalu kecilkan api, tutup panci hingga 4/5 tertutup. Pasang timer untuk 20 menit.
  6. Main fesbuk lagi selama 20 menit.
  7. Masukkan bawang merah yang sudah diiris.
  8. Tambahkan air di dalam panci yang mulai menyusut, hingga kembali ke 3/4 panci. Tunggu hingga gelembung naik, lalu kecilkan api, tutup panci hingga 4/5 tertutup. Pasang timer untuk 20 menit.
  9. Bersihkan kamar selama 5 menit, nonton yutup 15 menit.
  10. Singkirkan panci.
  11. Sekarang saatnya untuk meng-sangrai bumbu indofood di teflon hingga bumbu harum. Masukkan bumbu yang sudah harum tersebut ke dalam panci. Siram teflon dengan air, masukkan air bekas bumbu indofood tersebut lagi ke dalam panci. Siram lagi dan pastikan keseluruhan bumbu indofood yang sudah wangi tersebut masuk semua ke dalam panci, tidak ada yang terbuang. Jangan sampai rugi.
  12. Tambahkan air di dalam panci lagi hingga kembali ke 3/4 panci. Tunggu hingga gelembung naik, lalu kecilkan api, tutup panci hingga 4/5 tertutup. Pasang timer untuk 20 menit.
  13. Nonton yutup 20 menit.
  14. Tambahkan air di dalam panci yang mulai menyusut, hingga kembali ke 3/4 panci. Tunggu hingga gelembung naik, lalu kecilkan api, tutup panci hingga 4/5 tertutup. Pasang timer untuk 30 menit.
  15. Nonton 1 episode Zig & Sharko di yutup (sekitar 30 menit).
  16. Cek keadaan air di panci. By now air seharusnya sudah turun hingga 1/4 panci. Pastikan daging sudah sangat empuk kali ini. Jangan menjauh dari panci, tunggu hingga air benar-benar menyusut tanpa menggosongkan si daging sapi.
  17. Rendang siap disajikan!

Hasil rendang akan berwarna coklat tua seperti nampak di foto (PS; foto di atas bukan jepretan saya, hasil comotan dari mbah-Gug). Cocok untuk lauk 5-6 orang dewasa dengan napsu makan sedang.

Sebaiknya agar daging rendang dihabiskan dalam waktu kurang dari 12 jam, tanpa masuk ke kulkas agar tidak mengubah rasa asli.

Save

Save

Save

kasih komen nya doooonk.. (:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: